Thursday, September 13, 2018

Pengembangan Suatu Sistem Informasi



A. Perkembangan Teknologi Informasi di Indonesia

      1. Tahun 1972-1986
            PUSILKOM UI melakukan kegiatan operasional komputasi di kampus UI. Berhasil mengirimkan dua orang staf PUSILKOM ke Amerika Serikat dalam rangka studi tentang ilmu komputer. Selanjutnya, pada tahun 1986 ditambah lagi pengiriman menjadi empat orang.
      2. Tahun 1984
            Beberapa jaringan komputer di Indonesia mulai terhubung ke internet melalui jaringan yang bernama UI-net. Jaringan tersebut berjalan diatas protokol UUC, meskipun pada umumnya jaringan komputer berjalan di atas prootokol TCP/IP. Domain “.id” sudah mulai dikenal pada tahun ini.
      3. Tahun 1986-1988
            Pada tahun berikutnya, mulailah terbentuk jaringan berskala besar yang menghubungkan kampus besar yang ada di Indonesia. Beberapa kampus yang terhubung antara lain mulai UI, ITB, UGM, ITS, UNHAS, UT dan Dirjen Pendidikan Tinggi. Jaringan besar pertama ini disebut dengan UNINET. Server jaringan ini diletakkan di ITB, UI, UGM, dan ITS. Sementara itu pada tahun ini mulai dibuka jurusan S1 dan S2 Ilmu Komputer di UI. Setelah itu, pada tahun 1988, ada klub radio amatir yang muncul di ITB.
      4. Tahun 1988 dan 1989
            Pada tahun ini, Universitas Indonesia dipilih menjadi gateway internet pertama di Indonesia, dan sekaligus dipilih sebagai koordinator pendaftaran domain .id pada jaringan internet berbasis protokol UCC.
      5. Tahun 1993
            Pada tahun 1993 Fakultas Ilmu Komputer (FASILKOM) UI diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Pada tahun ini pula Indonesia secara resmi terhubung dengan jaringan internet global menggunakan protokol TCP/IP dan domain “.id” sebagai simbol negara. Situs IPTEKNET adalah situs pertama yang terhubung dengan internet.
      6. Tahun 1994
            Setelah hanya dicoba dan dimanfaatkan di lingkungan kampus, pada tahun ini mulai muncul penyedia layanan internet umum di Indonesia yang bernama Indonet dengan situsnya www.indo.net.id.
      7. Tahun 1997
            Pada tahun ini kualitas layanan internet berjenis dial-up mengalami kenaikan kecepatan dari yang tadinya hanya 33,6 Kbps menjadi 56Kbps. Sejak tahun ini banyak perkembangan pada dunia komputer dan internet. Setelah tahun ini semakin banyak penyedia layanan internet beserta variasi program atau layanan internet yang beragam hingga saat ini untuk mendapatkan internet dengan kecepatan standar 10Mb/s pun bisa sangat terjangkau.



B. 10 NEGARA DENGAN KEMAJUAN TEKNOLOGI LUAR BIASA

      1: Jepang
            Negara yang terus memegang posisi pertama dalam daftar ini selama bertahun-tahun adalah Jepang karena teknologi modern terbaik yang hanya dilakukan karena teknologi dan penemuan modern terbaik yang dibuat oleh masyarakat negara setelah kejadian Perang Dunia II pada tahun 1945 jadi sekarang ini. Seperti di bidang pertahanan, Jepang adalah negara pertama di dunia yang telah membuat senjata laser pertama sehingga dianggap sebagai teknologi paling modern dan negara sains di dunia. bgaimana tidak, jepang menjadi negara pembuat robot terbaik di dunia yaitu robot humanoid.dan dengan perusahaan elektronik terbesar yaitu panasonic dengan robotevolta.
      2: Amerika Serikat
            Negara ini adalah negara yang terkuat di dunia dan juga baik dalam hal teknologi. betapa tidak, setelah kemenangannya atas perang dunia II, negara ini menjadi negara dengan perekonomian terbesar di dunia. banyak inovasi termutakhir di negara ini selain pada bidang militernya seperti pada tingkat konsumen. negara ini akan tetap tumbuh menjadi negara dengan perekonomian yang terbesar karena perusahaan terkenal seperti windows, google, AMD, Intel dan masih banyak lagi. belum lagi teknologi ruang angkasanya dari NASA yang membuat sejarah terbesar manusia karena dalam pertama kalinya umat manusia mendarat di bulan.
      3. Finlandia
            Tidak hanya kaya akan keindahan Alam namun juga kaya akan bidang sains dan teknologi sehingga negara masih berada di puncak hampir di setiap sektor baik itu bidang kesehatan, ekonomi, politik dan juga bidang ilmu pengetahuan seperti industri IT. Negara ini mampu dijadikan sebagai yang terbesar dalam lomba teknologi serta kecepatan dengan memproduksi dan meluncurkan proyek teknologi yang lebih tinggi. Jadi, itulah sebabnya negara ini memiliki pendapatan perkapita yang besar dari berbagai negara di dunia. Negara ini memiliki sektor teknologi yang besar karena standar pendidikan yang baik, yang mungkin terjadi karena manajemen yang luar biasa di Finlandia.
      4. Korea Selatan
            Negara yang telah melakukan dengan sangat baik dalam segala bidang teknologi adalah dari Korea Selatan. Walaupun negara ini pada tahun 1970an masih dikategorikan negara miskin, tetapi negara ini dapat bangkit dengan pesat baik di bidang teknologi maupun ekonomi. Negara ini ditempatkan dalam daftar ini karena produksi yang luar biasa dari AC, Robot, televisi, komputer, kereta api, pesawat terbang, helikopter, mobil. Perusahaan elektronik terbesar di negara ini yang mampu mengalahkan Jepang dan China dan mendunia adalah samsung dan LG.Jika membicarakan tentang kecepatan internet, negara inilah yang mendapat julukan tersebut karena negara ini adalah negara dengan kecepatan internet tercepat di dunia. Juga dapat dikatakan bahwa negara ini merupakan saingan terbesar bagi Jepang dan China di Asia.
      5. Jerman
            Salah satu teknologi terbaik dan negara terkaya di Eropa tidak lain adalah Jerman. negara ini telah sukses di bidang teknologi militer sejak Perang Dunia kedua karena menghasilkan tank-tank militer jenis besar yang digunakan dalam perang sehingga negara ini melakukan ekspansi besar-besaran dikawasan Eropa. Selain itu, penemuan terbesarnya yang hingga kini digunakan di dunia kedokteran adalah penemuan sinar X. hal ini merupakan sejarah terbesar umat manusia atas penemuan teknologi tersebut yang mampu untuk mendeteksi penyakit pada tubuh manusia yang menggunakan cahaya tembus pandang
      6. China
            Walaupun masih belum dianggap sebagai raja teknologi, namun china sangat dihormati oleh seluruh dunia di semua bidang teknologi karena dikenal sebagai negara yang sangat diprofilkan dan maju di dunia. Negara tersebut masih dalam kemajuan untuk meraih lebih banyak keunggulan. Dapat dikatakan bahwa negara ini telah sukses besar di bidang teknologi dan barang buatannya hampir tersebar di seluruh  seluruh dunia dalam kurun waktu yang singkat setelah kemerdekaannya pada tahun 1949. Jadi, sangat ideal bahwa China akan menjadi negara nomor satu di dunia setelah 10 sampai 15 tahun nanti. Karena China adalah salah satu negara pengekspor teknologi terbesar di dunia, maka di berbagai kota di China ini memiliki industri baja terbaik yang dapat membantu membuat senjata militer terbaik.
      7. Perancis
            Menurut catatan sejarah di negara ini, Prancis memiliki sejarah besar atau tertua di bidang sains dan teknologi atas pemerintahan raja Jean-Baptiste Colbert. Raja negara ini mendorong sekaligus melindungi semangat sejati pada riset teknologi tahun 1666. Ini adalah titik awal perkembangan teknologi di negera ini. Pada abad ke 20 negara ini bekerja keras sebagai pusat tenaga nuklir di eropa karena penelitian mereka dalam fisika dengan ilmuwan cerdas mereka. jadi Prancis adalah negara ketiga dalam Sejarah Dunia yang mengirim satelit ruang angkasa mereka sendiri sampai 1965 yang akhirnya menunjukkan martabat mereka di semua Bidang teknologi baik IT, teknologi ruang angkasa atau bidang lainnya.
      8. Inggris
            Produser besar makalah ilmiah di dunia yang tidak lain adalah Inggris yang memegang catatan ini selama beberapa tahun, tidak ada keraguan dalam teknologi negara ini karena hampir 40% ilmuwan dunia berasal dari negara ini dan itu. negara ini menjadi negara dengan industri terbesar berkat kemajuan teknologinya dengan beridirinya revolusi industri di inggris yang mulai menggunakan kemampuan mesin untuk memproduksi barang. Sangat menarik untuk mengetahui bahwa Inggris memiliki teknologi tinggi pada tingkat konsumen daripada Amerika Serikat. Sehingga Inggris disebut sebagai salah satu negara kekuatan superpower di dunia. negara ini juga mengajurkan warganya untuk bisa mengakses teknologi. negara ini telah menemukan banyak hal dalam beberapa tahun terakhir karena banyaknya ilmuwan dari negeri ini, sehingga dapat berkembang dari tingkat konsumen hingga bidang  militer dengan berhasil.
      9: Kanada
            Negara ini juga terkenal dengan teknologi karena dikenal sebagai rumah para teknolog dan ilmuwan karena salah satu inovasi utama dunia adalah bola lampu yang ditemukan oleh ilmuwan Kanada yang bernama Henry Woodward. oleh sebab itu, maka pemerintah negara Kanadamelaukan mobilisasi untuk bekerja keras di bidang teknologi yaitu di bidang inovasi kesehatan terdepan, teknologi komunikasi, peningkatan teknologi ruang angkasa, Industri IT. dan yang terpenting di berbagai bidang Fisika juga mengembangkan komputasi kuantum, fisika teoritis dan banyak industri lainnya. pengembangan Kabel optik juga masih dalam inovasi di negara ini. teknologi di negara pada tingkat konsumen juga memang terbilang cukup berkembang pesat.
      10. Rusia
            Industri Swasta Rusia juga luar biasa karena di negara ini mereka dapat memproduksi senjata yang sangat berkualitas dan terkenal di dunia. selain itu Rusia disebut juga negara super power dunia dan sekaligus merupakan negara nomor satu dalam hal teknologi militernya yang terbaru dan lebih baik. Negara ini memiliki lembaga penelitian terbesar yaitu Moscow State University yang juga dikenal sebagai institusi inovatif yang terkuat untuk negara ini. pada abad ke 19 dan 20 negara ini menghasilkan sejumlah besar ilmuwan di bidang IT, Komunikasi, industri nuklir, penerbangan, Teknologi ruang angkasa dan banyak bidang lain yang akhirnya dapat memajukan negara ini semenjak privitasi yang berdampak krisis ekonomi yang luar biasa pada tahun 1990. tapi negara ini masih bisa dikategorikan dalam daftar ini



C. PERAMALAN DAN SIKLUS TEKNOLOGI

      Peramalan Teknologi
            Ada tiga dasar pendekatan peramalan teknologi. Pertama, perhitungan masa lalu dan perubahan ke depan saat ini. Kedua, analisis struktur yang mendasari penentuam faktor perubahan ( trend ) ke depan. Ketiga, menggali perubahan yang mungkin terdapat dalam faktor – fackor structural.
Teknik Peramalan secara garis besar dalam analisisnya dapat di lakukan dengan dua pendekatan. Pertama, pendekatan kualitatif, seperti survey pasar, opini pakar ( expert choice), dan teknik Delphi. Kedua, pendekatan kuantitaf, meliputi model – model time – series ( miving average, exponential smoothing, double exponential smoothing), model – model kausal (linear regression, multivariate analysis).
Pada tahun 1988, Jack Worlton memperkenalkan teknik pohon logika sebagai salah satu pendekatan dalam peramalan teknologi.
      Perkembangan Ramalan Teknologi
            Jika ingin membuat suatu alat yang dapat terbang, maka manusia akan mengamati bagaimana burung dapat terbang tinggi. Teori ini di perkenalkan oleh Charles Darwin pada tahun 1859, sehingga di kenal sebagai teori evolusi Darwin.
Sejak revolusi industri di mulai, tepatnya sejak mesin uap di temukan, perkembangan teknologi banyak menggunakan ilmu pengetahuan. Tidak hanya untuk memperbaiki teknologi yang sudah ada, tetapi juga untuk memberikan wawasan dan cakrawala yang lebih luas, sehingga dapat memberikan tantangan baru bagi perkembangan teknologi berikutnya.
      Kemajuan Teknologi
            Pandangan umum yang berlaku menyatakan bahwa ilmu pengetahuan dan teknologi tidak dapat dipisahkan karena adanya fenomena sejarah masa lalu. Penemuan-penemuan teknologi memang banyak berasal dari pembaharuan ilmu pengetahuan. Sebaliknya, pembaharuan ilmu pengetahuan juga banyak berasal dari penemuan-penemuan teknologi. Dengan kata lain, kemajan ilmu pengetahuan dan teknologi saling mengisi.
Lompatan kemajuan teknologi dapat dilihat dari hasil produksi yang melimpah serta penyebaran media massa seperti pers, radio, televisi dan alat-alat elektronik lainnya. Lebih jauh lagi, revolusi industri membuka era baru dalam eksplorasi, penemuan. Dalam perkembangan selanjutnya, banyak penemuan dan penelitian yang dilakukan. Contoh, penemuan pemintal benang, metode produksi besi dan batubara, perbaiakan teknik-teknik mesin pertanian, dan ditemukannya mesin uap
      Siklus Hidup Teknologi
            Konsep siklus hubungan teknologi digambarkan oleh hubungan antara perubahan teknologi dengan pertumbuhan pasar. Secara definisi, siklus hidup teknologi merupakan suatu perjalanan waktu, mulai dari inovasi industri baru (lahirnya teknologi) hingga kejenuhan pasar (matinya suatu teknologi). Jika disederhanakan definisi ini diterjemahkan ke dalam empat tahapan yaitu tahap inovasi (application launch), adopsi (product and design standard), difusi (application growth) dan substitusi (core technology maturity period).



D. Langkah-langkah yang diperlukan dalam siklus pengembangan suatu sistem informasi

      1. Tahap Perencanaan
            Tahap ini merupakan suatu rangkaian kegiatan sejak ide pertama yang melatarbelakangi pelaksanaan pengembangan sistem tersebut dilontarkan. Dalam tahap perencanaan pengembangan sistem harus mendapatkan perhatian yang sama besarnya dengan merencanakan proyek-proyek besar lainnya, seperti perencanaan pengadaan perangkat jaringan teknologi informasi (TI), rencana membangun gedung kantor 15 tingkat. Keuntungan-keuntungan yang diperoleh jika proyek pengembangan sistem informasi direncanakan secara matang, mencakup:
Ø Ruang lingkup proyek dapat ditentukan secara jelas dan tegas. Unit organisasi, kegiatan ataun sistem yang mana yang akan dilibatkan dalam pengembangan ini dan unit mana yang tidak dilibatkan? Informasi ini memberikan perkiraan awal besarnya sumber daya yang diperlukan.
Ø Dapat mengidentifikasi wilayah/area permasalahan potensial. Perencanaan akan menunjukkan hal-hal yang mungkin bisa terjadi suatu kesalahan, sehingga hal-hal demikian dapat dicegah sejak awal.
Ø Dapat mengatur urutan kegiatan. Banyak sekali tugas-tugas terpisah dan harus berjalan secara bersamaan/paralel yang diperlukan untuk pengembangan sistem. Tugas-tugas ini diatur dalam urutan logis berdasarkan prioritas informasi dan kebutuhan untuk efisiensi.
Ø Tersedianya sarana pengendalian. Tingkat pengukuran kinerja harus dipertegas sejak awal.
      2. Tahap Analisis
            Ada dua aspek yang menjadi fokus tahap ini, yaitu aspek bisnis atau manajemen dan aspek teknologi. Analisis aspek bisnis mempelajari karakteristik organisasi yang bersangkutan. Tujuan dilakukannya langkah ini adalah untuk mengetahui posisi atau peranan teknologi informasi yang paling sesuai dan relevan di organisasi dan mempelajari fungsi-fungsi manajemen dan aspek-aspek bisnis terkait yang akan berpengaruh atau memiliki dampak tertentu terhadap proses desain, konstruksi, dan implementasi.
Selama tahap analisis, sistem analis terus bekerjasama dengan manajer, dan komite pengarah SIM terlibat dalam titik-titik yang penting mencakup kegiatan sebagai berikut:
a. Menetapkan rencana penelitian sistem
b. Mengorganisasikan tim proyek
c. Mendefinisikan kebutuhan informasi
d. Mendefinisikan kriteria kinerja sistem
e. Menyiapkan usulan rancangan sistem
f. Menyetujui atau menolak rancangan proyek pengembangan sistem
Keluaran dari proses analisis di kedua aspek ini adalah masalah-masalah penting yang harus segera ditangani, analisis penyebab dan dampak permasalahan bagi organisasi, beberapa kemungkinan skenario pemecahan masalah dengan kemungkinan dan dampak risiko serta potensinya, dan pilihan alternatif solusi yang direkomendasikan.
      3. Tahap Perancangan (Desain)
            Pada tahap ini, tim teknologi informasi bekerja sama dengan tim bisnis atau manajemen melakukan perancangan komponen-komponen sistem terkait. Tim teknologi informasi akan melakukan perancangan teknis dari teknologi informasi yang akan dibangun, seperti sistem basis data, jaringan komputer, teknik koversi data, metode migrasi sistem, dan sebagainya.
Sementara itu, secara paralel dan bersama-sama tim bisnis atau manajemen, dan tim teknologi informasi akan melakukan perancangan terhadap komponen-komponen organisasi yang terkait, seperti: standard operating procedures (SOP), struktur organisasi, kebijakan-kebijakan, teknik pelatihan, pendekatan SDM, dan sebagainya. Langkah-langkah tahap rancangan sistem mencakup:
a. Menyiapkan detail rancangan sistem
b. Mengidentifikasi berbagai alternatif konfigurasi/rancang banun sistem
c. Mengevaluasi berbagai alternatif konfigurasi sistem
d. Memilih konfigurasi terbaik
e. Menyiapkan usulan penerapan/aplikasi
f. Menyetujui atau menolak aplikasi sistem
      4. Tahap Pembangunan Fisik/Konstruksi
            Berdasarkan desain yang telah dibuat, konstruksi atau pengembangan sistem yang sesungguhnya (secara fisik) dibangun. Tim teknis merupakan tulang punggung pelaksanaan tahap ini, mengingat semua hal yang bersifat konseptual harus diwujudkan dalam suatu konstruksi teknologi informasi dalam skala yang lebih detail.
Dari semua tahapan yang ada, tahap konstruksi inilah yang biasanya paling banyak melihatkan sumber daya terbesar, terutama dalam hal penggunaan SDM, biaya, dan waktu. Pengendalian terhadap manajemen proyek pada tahap konstruksi harus diperketat agar penggunaan sumber daya dapat efektif dan efisien. Bagaimanapun, hal ini akan berdampak terhadap keberhasilan proyek sistem informasi yang diselesaikan secara tepat waktu. Akhir dari tahap konstruksi biasanya berupa uji coba atas sistem informasi yang baru dikembangkan.
      5. Tahap Implementasi
            Tahap implementasi merupakan tahap yang paling kritis karena untuk pertarna kalinya sistem informasi akan dipergunakan di dalam organisasi. Ada berbagai pendekatan untuk implementasi sistem yang baru didesain. Pekerjaan utama dalam implementasi sistem biasanya mencakup hal-hal sebagai berikut:
a. Merencanakan waktu yang tepat untuk implementasi
b. Mengumumkan rencana implementasi
c. Mendapatkan sumberdaya perangkat keras dan lunak
d. Menyiapkan database
e. Menyiapkan fasilitas fisik
f. Memberikan pelatihan dan workshop
g. Menyiapkan saat yang tepat untuk cutover (peralihan sistem)
h. Penggunaan sistem baru
Pemberian pelatihan (training) harus diberikan kepada semua pihak yang terlibat sebelum tahap implementasi dimulai. Selain untuk mengurangi risiko kegagalan, pemberian pelatihan juga berguna untuk menanamkan rasa memiliki terhadap sistem baru yang akan diterapkan. Dengan cara ini, seluruh jajaran pengguna akan dengan mudah menerima sistem tersebut dan memeliharanya dengan baik di masa-masa mendatang.
      6. Tahap Pasca Implementasi
            Pengembangan sistem informasi biasanya diakhiri setelah tahap implementasi dilakukan. Namun, ada satu tahapan lagi yang harus dijaga dan diperhatikan oleh manajemen, yaitu tahap pasca implementasi. Kegiatan yang dilakukan di tahap pasca implementasi adalah bagaimana pemeliharaan sistem akan dikelola.
Seperti halnya sumber daya yang lain, sistem informasi akan mengalami perkembangan di kemudian hari. Hal-hal seperti modifikasi sistem, berpedoman ke sistem lain, perubahan hak akses sistem, penanganan terhadap fasilitas pada sistem yang rusak, merupakan contoh dari kasus-kasus yang biasanya timbul dalam pemeliharaan sistem. Disinilah diperlukan dokumentasi yang memadai dan pemindahan pengetahuan dari pihak penyusun sistem ke pengguna untuk menjamin terkelolanya dengan baik proses-proses pemeliharaan sistem.
Dari perspektif manajemen, tahap pasca-implementasi adalah berupa suatu aktivitas di mana harus ada personil atau divisi yang dapat melakukan perubahan atau modifikasi terhadap sistem informasi sejalan dengan perubahan kebutuhan bisnis yang dinamis.





Wednesday, September 5, 2018

Makalah Dasar Multi Media | Video




MAKALAH
DASAR MULTIMEDIA
 VIDEO



OLEH: KELOMPOK 4
ANGGOTA KELOMPOK
~MUH.GAZALI
~NUR INDAH SARI
~SURIANTO
~IRA KURNIATI
~ABDUL WAHAB
FAKULTAS TEKNIK
PRODI TEKNIK INFORMATIK A
UNIVERSITAS SULAWESI BARAT
TAHUN AJARAN 2018/2019
KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT. Berkat rahmat dan hidayah-Nya lah sehingga makalah ini dapat terselesaikan tepat pada waktunya. Kedua kalinya kami megucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak-pihak yang telah bersedia meluangkan waktunya untuk ikut andil dalam pembuatan makalah ini. Makalah dengan judul  video ini diharapkan kita sebagai seorang mahasiswa mampu memahami dan menerapkan tentang apa itu sebenarnya video.Kami sangat menyadari didalam makalah ini masih jauh dari kata sempurna, oleh karena itu kami sangat mengharapkan kritik dan saran kepada pembaca guna bekal penyusunan makalah yang selanjutnya.





Unsulbar,30 Agustus 2018

Penyusun




                                          DAFTAR ISI                                         
Sampul
Kata pengantar............................................................................................... ii
Daftar isi.......................................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN.............................................................................. 01
1.1  Latar Belakang........................................................................................... 01
1.2  Rumusan Masalah....................................................................................... 01
1.3  Tujuan Penulisan......................................................................................... 02
BAB II PEMBAHASAN............................................................................... 03
2.1 Sejarah Tentang Vidio................................................................................ 03
2.2 Pengertian dan Tujuan Vidio...................................................................... 04
2.3 Jenis-Jenis Vidio......................................................................................... 06
2.4 Pengaruh Penggunaan Vidio Bagi Pendidikan.......................................... 07
2.5 Keuntungan Penggunaan Vidio Bagi Pendidikan...................................... 09
BAB III PENUTUP....................................................................................... 10
3.1 Kesimpulan................................................................................................. 10
3.2 Saran........................................................................................................... 10
DAFTAR PUSTAKA



BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang

Perkembangan teknologi memang sangat cepat berkembang pesat itu terbukti dengan adanya media atau alat yang semakin hari  disuguhkan dengan kemudahan salah satunya adalah  mencari informasi yang sudah sangat mudah kita dapat dari berbagai media, media yang paling terkenal saat ini adalah media internet, dimana media internet ini mampu menampung semua elemen-elemen yang ada.Elemen tersebut diantaranya adalah video, teks,suara, maupun dengan tambahan gambar. Media pembelajaran saat ini sangat banyak varian dan jenisnya ada yang berbentuk teks, suara, gambar itu semua bisa kita rangkum dalam sebuah bentuk video. Vidio menjadi pelengkap dari media-media pembelajaran seperti teks, gambar, dan suara.
Media video di zaman sekarang ini mungkin sudah tidak lagi asing di telinga kita dimana media video ini ada dan diciptakan tidak lain dan tidak bukan semata-mata untuk memudahkan pekerjaan manusia, yang dulunya dalam melakukan sebuah interaksi itu masih menggunakan media teks yang dimana media teks ini masih cukup kurang menjawab permasalahan-permasalahan yang timbul dalam masyarakat yang hendak melakukan sebuah interaksi jarak jauh. Dengan kemunculan video sebagai sarana media membuat sebuah interaksi antar satu dengan yang lainnya menjadi lebih hidup dan lebih menyenangkan.
Secara umum video memanipulasi gambar dengan konsep yang matang sebelum pembuatannya. Kita dapat mengambil gambar dengan cara merekam atau dengan memotret sebuah kejadian. Hasil-hasil tadi dapat dimasukan menjadi sebuah file kemudian kita dapat merangkainya menjadi alur cerita seperti yang telah di konsepkan. Konsep tadi dapat kita matangkan kedalam editing yang canggih dengan membuang adegan yang tidak perlu, menyambung adegan yang berbeda, dan memberi efek-efek tertentu yang menjelaskan setiap maksud dari konsep yang telah dibuat.
1.2  Rumusan Masalah
1.      Mengetahui apa sejarah dari media video ?
2.      Menjelaskan pengertian dan tujuan media video ?
3.      Apa jenis-jenis media video ?
4.      Apa pengaruh media video yang ditimbulkan ? dan
5.      Apa fungsi penggunaan  media video dalam dunia pendidikan ?
1.3  Tujuan Penulisan
1.      Mampu memahami tentang konsep dasar video.
2.      Termotivasi untuk tekun dalam belajar.
3.      Hendaknya setelah membaca makalah ini dapat menambah wawaasan kita terutama dalam hal ke ilmuan.
4.      Menjadi pedoman dan sebagai bahan referensi.
5.      Mengetahui dampak media itu seperti apa

BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Sejarah  Vidio
adapun sejarah atau perkembangan video adalah sebagai berikut.
1. Ditemukannya kamera fotografi
Keberadaan kamera video sangat berkaitan dengan terlebih dahulu ditemukannya fotografi dan film seluloid. Konsep photos dan graphos atau merekam gambar melalui cahaya dimulai dengan ditemukannya camera pinhole sekitar abad ke-16 hingga 17, yaitu alat berupa kotak yang terbuat dari papan kayu dan salah satu dinding kotak tersebut dilengkapi lensa obscure yaitu lubang kecil tepat ditengah-tengah.
2. Era film seluloid-mekanik (Film bisu)
Hasil fotografi adalah citra atau ilusi satu gambar tetap (still picture) sehingga tidak menghasilkan ilusi atau kesan gerakan. Perkembangan fotografi ini terus didorong dengan dirintisnya penciptaan film (motion picture) oleh Thomas Alva Edison dengan diciptakannya kinetiscope. Kemudian penemuan ini dikembangkan oleh Lumiere bersaudara pada 28 desember 1894 dengan dibuatnya cinematographe, yakni piranti yang mengkombinasikan kamera sebagai alat untuk memproses film dengan proyektor menjadi satu.
3.Era Telekomunikasi
a.1844 Ditemukannya telegram oleh Samuel Morse.
b.1876 Alexander Graham Bell mengirim pesan lewat telepon untuk pertama   kalinya.
c.1880 Heinrich Herzt menemukan gelombang elektromagnetik.
d.1884 Paul Nipkow menemukan televisi mekanik – Jantra Nipkow.
e. 1894 Film bioskop pertama diputar dan ditonton oleh masyarakat.
f. 1895 Guglielmo Marconi menyampaikan pesan melalui radio untuk pertama kali.
g.1912 Lee de Forest membuat vacum tube.
h.1920 Radio siaran diperkenalkan oleh KDKA di Pitsburgh.
i. 1923 Vladimir K Zworykin membuat lonoscope (tabung televisi).
j.1930 Philo T Fransworth membuat televisi rumah.
k.1933 RCA mendemonstrasikan televisi siaran di Amerika.
l.1941 Televisi komersial mengudara.
 2.2   Pengertian dan Tujuan  Vidio
A     A .Pengertian  Vidio
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, video merupakan rekaman gambar hidup atau program televisi untuk ditayangkan lewat pesawat televisi, atau dengan kata lain video merupakan tayangan gambar bergerak yang disertai dengan suara. Video sebenarnya berasal dari bahasa Latin, video-vidi-visum yang artinya melihat (mempunyai daya penglihatan) dapat melihat. Media video merupakan salah satu jenis media audio visual. Media audio visual adalah media yang mengandalkan indera pendengaran dan indera penglihatan. Media audio visual merupakan salah satu media yang dapat digunakan dalam pembelajaran menyimak. Media ini dapat menambah minat pemakai dalam belajar karena pemakai dapat menyimak sekaligus melihat gambar. Video adalah teknologi untuk menangkap, merekam, memproses, mentransmisikan dan menata ulang gambar bergerak. Biasanya menggunakan film seluloid, sinyal elektronik, atau media digital. Video juga bisa dikatakan sebagai gabungan gambar-gambar mati yang dibaca berurutan dalam suatu waktu dengan kecepatan tertentu. Gambar-gambar yang digabung tersebut dinamakan frame dan kecepatan pembacaan gambar disebut dengan frame rate, dengan satufps.
Menurut (Azhar Arsyad, 2011) video merupakan gambar-gambar dalam frame, di mana frame demi frame diproyeksikan melalui lensa proyektor secara mekanis sehingga pada layar terlihat gambar hidup. Dari pengertian di atas dapat disimpulkan, bahwa video merupakan salah satu jenis media audio-visual yang dapat menggambarkan suatu objek yang bergerak bersama-sama dengan suara alamiah atau suara yang sesuai. Kemampuan video melukiskan gambar hidup dan suara memberikan daya tarik tersendiri. Video dapat menyajikan informasi, memaparkan proses, menjelaskan konsep-konsep yang rumit, mengajarkan keterampilan, menyingkat atau memperpanjang waktu, dan mempengaruhi sikap.
Menurut Dwyer, video mampu merebut 94% saluran masuknya pesan atau informasi kedalam jiwa manusia melalui mata dan telinga serta mampu untuk membuat orang pada umumnya mengingat 50% dari apa yang mereka lihat dan dengar dari tayangan program. Pesan yang disampaikan melalui media video dapat mempengaruhi emosi yang kuat dan juga dapat mencapai hasil cepat yang tidak dimiliki oleh media lain.
Berdasarkan pengertian menurut beberapa ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa video merupakan salah satu jenis media audio-visual dan dapat menggambarkan suatu objek yang bergerak bersama-sama dengan suara alamiah atau suara yang sesuai. Video menyajikan informasi, memaparkan proses, menjelaskan konsep yang rumit, mengajarkan keterampilan, menyingkat atau memperpanjang waktu, dan mempengaruhi sikap.
        B.Tujuan  Media Vidio
Ronal Anderson, (1987: 104) mengemukakan tentang beberapa tujuan dari media video yaitu mencakup tujuan kognitif, afektif,  psikomotor dan berdasarkan tujuan pembuatan. Kempat tujuan ini dijelaskan sebagai berikut :
            a. Tujuan Kognitif
1) Dapat mengembangkan kemampuan kognitif yang menyangkut kemampuan mengenal kembali dan kemampuan memberikan rangsangan berupa gerak dan sensasi.
2) Dapat mempertunjukkan serangkaian gambar diam tanpa suara sebagaimana media foto dan film bingkai meskipun kurang ekonomis.
3) Video dapat digunakan untuk menunjukkan contoh cara bersikap atau berbuat dalam suatu penampilan, khususnya menyangkut interaksi manusiawi.
           b. Tujuan Afektif
Dengan menggunakan efek dan tekhnik, video dapat menjadi media yang sangat baik dalam mempengaruhi sikap dan emosi.
c. Tujuan Psikomotorik
1) Video merupakan media yang tepat untuk memperlihatkan contoh keterampilan yang menyangkut gerak. Dengan alat ini diperjelas baik dengan cara memperlam-
bat ataupun mempercepat gerakan yang ditampilkan.
2) Melalui video siswa langsung mendapat umpan balik secara visual
terhadap kemampuan mereka sehingga mampu mencoba keterampilan
yang menyangkut gerakan tadi.
d.Vidio berdasarkan tujuan pembuatan
1.video berita : video yang bertujuan untuk memaparkan berita .
2.video pembelajaran  : video yang bertujuan untuk memberikan materi pembelajaran agar mudah di serat dan dapat di mainkan ulang.
3.video dokumenter : video yang bertujuan merekam sebuah kejadian / peristiwa dalam kehidupan nyata .
4.video presentasi : video untuk mengkomunikasikan ide/gagasan.
2.3    Jenis –jenis  video
1.Vidio Blog
Video blog atau juga sering diesebut dengan Vlog merupakan jenis video yang banyak disukai para anak muda. Video blog biasanya berisi rekaman aktivitas sehari-hari, baik itu tentang travelling atau tentang profil pribadi seseorang.
2.Vidio Binatang
Instansi atau lembaginstansi atau lembaga yang paling terkenal dalam memproduksi video binatang adalah National Geographic. Banyak sekali video-video seru binatang yang sudah di produksi, dari binatang yang paling kecil (semut) sampai binatang yang memiliki ukuran besar seperti Jerapah, dan Gajah. Akan tetapi, kalau kamu mau buat video binatang, kamu perlu perlatan yang cukup canggih. Karena harus merekam perilaku binatang dengan waktu yang lama dan harus memiliki resulisi yang tinggi.
2.Vidio Parodi
Sebelumnya kamu sudah tahu isitlah parodi atau belum? Parodi sendiri adalah suatu istila yang sering digunkaan untuk menggambarkan peristiwa atau kejadian tertentu yang dikemas dalam nuansa komedi atau humor. Berkaitan denga istilah parodi, video ini juga sering menampilkan plesetan dari video aslinya sehingga bisa membuat ketawa orang yang menontonnya.
           2.4 Pengaruh Penggunaan Vidio Bagi Pendidikan

Adanya alat pendidikan yang serba lengkap belum tentu menjamin pemanfaatannya dalam pendidikan. Sering terjadi gap antara hard ware dan soft ware. Banyaknya ragam alat pendidikan juga menimbulkan kesulitan untuk memilih alat mana yang serasi untuk bahan pelajaran tertentu. Untuk memanfaatkan alat teknologi pendidikan diperlukan keterampilan dari pihak guru serta sikap positif terhadap perkembangan alat teknologi pendidikan. Setiap alat pendidikan mempunyai kebaikan dan kekurangannya, namun semua dapat memberi bantuan menurut hakikat masing-masing.
Sejak ditemukannya program video para pendidik segera melihat manfaatnya bagi pendidikan. Video pendidikan sekarang telah berkembang pesat di negara-negara maju. Telah banyak pula terdapat perpustakaan yang meminjamkan kaset-kaset video tentang segala macam topik dalam tiap bidang studi dan bisa dengan mudahnya pendidik mengunduh video-video edukasi di internet.
Video sebagai salah satu kemajuan teknologi telah banyak memberikan pengaruh positif dan kemajuan bagi manusia dan kebudayaannya. Dengan adanya video, orang tidak lagi sulit untuk mendapatkan berbagai informasi, pengetahuan dan hiburan. Peristiwa dan kejadian-kejadian penting yang terjadi diseluruh penjuru di dunia pun bisa disaksikan secara mudah dan cepat, hal ini menjadikan dunia yang luas seakan menjadi sempit dan hampir tidak lagi dikenal dengan batas-batas waktu maupun tempat.
Media audio visual adalah media yang mempunyai unsur suara dan unsur gambar. jenis media ini mempunyai kemampuan yang lebih baik karena meliputi suara dan gambar (Syeful Bahri dan Aswan Zain 141 : 2002). Video merupakan media audio visual yang sudah beredar di masyarakat dan banyak diminati oleh anak-anak sekolah dasar, mulai dari jenis video hiburan, pengetahuan, informasi, musik, dan cerita-cerita bersejarah bisa disaksikan dengan mudah.
Peranan video dalam konteks bertambahnya pengetahuan anak memerlukan pengamatan yang lebih mendalam terutama tentang pengaruh-pengaruh yang ditimbulknnya, mengingat kelebihan dari video, mengatasi keterbatasan jarak dan waktu, mampu menggambarkan peristiwa-peristiwa masa lalu dalam waktu yag singkat, pesan yang disampaikan cepat dan mudah di singkat, mengembangkan pikiran dan pendapat siswa, mengembangkan imajinasi peserta didik.
Video pembelajaran sangatlah tepat jika digunakan dalam pembelajaran sains terutama pada materi proses pencernaan manusia, karena guru tidak mungkin bisa untuk menggambarkan secara nyata dari proses pencernaan makanan yang terjadi didalam perut manusia, oleh sebab itu guru perlu media atau alat bantu untuk bisa menggambarkannya kepada siswa, agar siswa mudah memahami tentang proses pencernaan tersebut. Namun hal itu masih jarang dilirik oleh para guru mengingat penggunaan video pembelajaran membutuhkan alat bantu lain seperti laptop dan proyektor yang menjadi kendala, baik dari pihak sekolah yang belum memiliki alat tersebut maupun dari kemampuan guru dalam membuat video dan mencari video di internet serta mengoperasikannya untuk diberikan kepada siswa.
          2.5 Keuntungan Penggunaan Vidio Bagi Pendidikan
1.         Film dan video dapat melengkapi pengalaman-pengalaman dasar dari siswa ketika mereka membaca, berdiskusi, berpraktik, dan lain-lain. Film merupakan pengganti alam sekitar dan bahkan dapat menunjukkan objek yang secara normal tidak dapat dilihat.
2.         Film dan video dapat menggambarkan suatu proses secara tepat yang dapat disaksikan secara berulang-ulang jika dipandang perlu.
3.         Selain mendorong dan meningkatkan motivasi, film dan video menanamkan sikap dan segi-segi afektif lainnya.
4.         Film dan video yang mengandung nilai-nilai positif dapat mengundang pemikiran dan pembahasan dalam kelompok siswa.Seperti slogan yang ada bahwa film dan video dapat membawa dunia ke dalam kelas.
5.         Film dan video dapat menyajikan peristiwa yang berbahaya bila dilihat secara langsung.
6.         Film dan video dapat ditunjukkan kepada kelompok besar atau kelompok kecil, kelompok heterogen, maupun perorangan.
7.         Dengan kemampuan teknik pengambilan gambar frame demi frame, film yang dalam kecepatan normal memakan satu minggu dapat ditampilkan secara singkat dalam beberapa menit saja.

BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
video merupakan gambar-gambar dalam frame, di mana frame demi frame diproyeksikan melalui lensa proyektor secara mekanis sehingga pada layar terlihat gambar hidup. Dari pengertian di atas dapat disimpulkan, bahwa video merupakan salah satu jenis media audio-visual yang dapat menggambarkan suatu objek yang bergerak bersama-sama dengan suara alamiah atau suara yang sesuai. Kemampuan video melukiskan gambar hidup dan suara memberikan daya tarik tersendiri. Video dapat menyajikan informasi, memaparkan proses, menjelaskan konsep-konsep yang rumit, mengajarkan keterampilan, menyingkat atau memperpanjang waktu, dan mempengaruhi sikap.
3.2 Saran
Diharapkan setelah membaca makalah ini wawasan keilmuan kita dapat bertambah. Sebagai seorang mahasiswa hendaknya lah kita jangan cepat berpuas diri dan marilah kita terus menggali dan memegang sebuah motivasi yang haus akan hal ilmu







DAFTAR PUSTAKA
http://gunawansusilo.blogspot.com/2011/01/materi-pengganti-kuliah-videografi-ga.html (akses 31 Agustus 2018)
Sismul.2014.Pengertian video( https://pasukansedekah.wordpress.com/2014/04/16/pengertian-vidio-pada-multimedia/ )(akses 31 Agustus 2018)
Teti.2015. Video berdasarkan tujuan,pembuatan(https://nurjaen.wordpress.com/2015/04/25/video-berdasarkan-tujuanpembuatan/)(akses 31 Agustus 2018)
https://ilmu-pendidikan.net/pembelajaran/media-pembelajaran/keuntungan-media-pembelajaran-film-dan-video (akse 31 Agustus 2018)
Karya Bersama.2017.Mengenal Jenis-jenis video(https://www.madridforcongress.com/jenis-video/)(akses 31 Agustus 2018)
http://www.pustakauinib.ac.id/repository/files/original/ad9388fc6f9248d8dee644e23fb261bb.pdf (akse 31 Agustus 2018)
http://eprints.uny.ac.id/9809/3/BAB%202%20-08108244022.pdf (akses 31 Agustus 2018)
http://download.portalgaruda.org/article.php?article=446783&val=9450&title=PENGARUH%20PENGGUNAAN%20VIDEO%20PEMBELAJARAN%20%20TERHADAP%20PENINGKATAN%20HASIL%20BELAJAR%20MAPEL%20IPA%20%20DI%20MIN%20KROYA%20CIREBON (akses 31 Agustus 2018)
http://eprints.umm.ac.id/26915/1/jiptummpp-gdl-iradagardi-31889-2-babi.pdf (akses 31 Agustus 2018)
http://digilib.uinsby.ac.id/10922/5/bab%202.pdf (akses 31 Agustus 2018)