Arsitektur
& Organisasi Komputer memiliki perbedaan yaitu :
Arsitektur
Komputer
Arsitektur
merupakan konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem
komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi
fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan
proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan
dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana
CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke
memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur
komputer ini adalah Arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue gene, dll.
Arsitektur komputer lebih cenderung pada kajian atribut – atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. Contohnya, aritmetika yang digunakan, set instruksi, mekanisme I/O, teknik pengalamatan, dan lain-lain.
Arsitektur Komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai sebuah ilmu dan sekaligus seni yang menyangkut tentang cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.
Arsitektur komputer lebih cenderung pada kajian atribut – atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. Contohnya, aritmetika yang digunakan, set instruksi, mekanisme I/O, teknik pengalamatan, dan lain-lain.
Arsitektur Komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai sebuah ilmu dan sekaligus seni yang menyangkut tentang cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.
Organisasi
Komputer
Organisasi Komputer merupakan bagian yang terkait erat
dengan unit – unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem
komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya. Contoh aspek
organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi
memori, dan sinyal – sinyal kontrol.
Arsitektur
komputer lebih cenderung pada kajian atribut – atribut sistem komputer yang
terkait dengan seorang programmer. Contohnya, set instruksi, aritmetika yang
digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.
Dan
juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni
mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat
menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan
target biayanya.
Menurut
id.wikipedia.org Organisasi adalah :
Organisasi
(Yunani: ὄργανον, organon - alat) adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah
untuk tujuan bersama.
Jadi
secara umum, Organisasi adalah suatu kelompok orang yang memiliki tugas-tugas
tertentu yang setiap orangnya terhubung membentuk sebuah wadah untuk satu
tujuan yang sama.
Kita ambil saja sebuah contoh dari Organisasi Osis di sekolah. Terdapat bagian-bagian dari Organisasi Osis mulai dari Ketua Osis, Wakil, Sekertaris, Bendahara, dan Anggota. Setiap bagian-bagian tersebut pasti terdapat jalinan koordinasi yang menghubungkan satu sama lain. Kemudian Organisasi itu bekerja sesuai dengan tugas masing-masing bagian dan dengan satu tujuan yang sama.
Kita ambil saja sebuah contoh dari Organisasi Osis di sekolah. Terdapat bagian-bagian dari Organisasi Osis mulai dari Ketua Osis, Wakil, Sekertaris, Bendahara, dan Anggota. Setiap bagian-bagian tersebut pasti terdapat jalinan koordinasi yang menghubungkan satu sama lain. Kemudian Organisasi itu bekerja sesuai dengan tugas masing-masing bagian dan dengan satu tujuan yang sama.
Struktur & Fungsi :
-Struktur adalah sistem yang
berinteraksi dengan cara tertentu dengan dunia luar.
-Fungsi adalah operasi dari masing-masing
komponen yang merupakan bagian dari struktur.
Fungsi dari komputer adalah :
· Fungsi
Operasi Pengolahan Data
· Fungsi
Operasi Penyimpanan Data
· Fungsi
Operasi Pemindahan Data
· Fungsi
Operasi Kontrol
Unit Fungsional Dasar Komputer
Ada 5 unit fungsional dasar dari
komputer :
· Input
· Memori
· Arithmetic
dan logic
· Control
· Output
Input diterima dari informasi yang diberikan pengguna melalui
alat-alat input, misalnya keyboard dan mouse. Informasi ini lalu disimpan
dalam memori komputer untuk penggunaan berikutnya atau proses
selanjutnya yang dilakukan oleh arithmetic dan logic (ALU) atau
bagian dari prosesor, untuk mendapatkan pengolahan yang diinginkan. Lalu, hasil
pengolahan ini dikirim balik ke pengguna dengan alat output,
seperti monitor dan speaker. Semua proses di atas dikoordinasi oleh unit
kontrol.
Thanks for reading. Semoga bisa menambah wawasan hehe
No comments:
Post a Comment